Net-ERP

Net-ERP adalah sebuah program komputer atau sofware yang dibuat untuk mencatat semua kegiatan usaha pada perusahaan ISP (Internet Service Provider). Setiap proses atau dokumen akan memiliki nomor identitas yang unik sehingga bisa dilacak dengan mudah. Sistem ini akan mengorganisasikan semua data seperti pelanggan (client), supplier (vendor), user (pengguna), pembelian (purchase), penjualan (sales) dan stok beserta asset secara terstruktur. Begitu pula dengan semua proses operasional perusahaan dari proses pendaftaran client baru, survey lokasi, instalasi, perbaikan atau perawatan jaringan, sampai proses pembongkaran perangkat (uninstall) akan tercatat dan terintegrasi dengan baik sehingga semua pekerjaan akan lebih efisien dan cepat. Dengan pengorganisasian dan integrasi yang baik maka informasi dan laporan tentang semua hal yang berhubungan dengan data dan proses akan mudah didapat sehingga pihak managemen dan direktur bisa dengan cepat dan akurat dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi dan laporan yang disajikan.

TEKNOLOGI

Net-ERP system adalah sistem komputer client server di mana dabatase atau pusat data disimpan di sebuah server sendiri sedangkan pengguna atau client mengakses database dari komputer atau laptop masing-masing. Sistem ini menggunakan teknologi Microsoft dan open source. Dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic dengan database MYSQL.

ALUR DAN STATUS DOKUMEN ATAU PROSES

Net-ERP ini menerapkan system approval pada setiap dokumen atau proses. Berikut adalah susunan atau urutan dari proses pembuatan sebuah dokumen beserta statusnya.

BISNIS PROSES SISTEM Net-ERP

INVENTORY

inventory-net-erp

Menggunakan system multilocation yang berarti bisa memiliki lebih dari satu lokasi seperti beberapa gudang dan pusat penyimpanan. Disamping itu juga ada fitur untuk informasi lokasi BTS dan Client pada item barang sehingga memudahkan pelacakan barang atau asset. Item barang juga bisa dilacak berdasarkan nomor serial untuk barang-barang elektronik seperti router. Barang-barang dalam inventory juga dapat dengan mudah dipindahkan ke lokasi lain.

CLIENT

Pada data client terdapat informasi berupa status dari client berdasarkan proses seperti client baru yang dalam proses survey, instalasi, pembatalan survery, trial atau sudah aktif menjadi pelangan. Data jenis, merk dan nomor serial perangkat serta data teknis dapat dengan mudah dilihat pada data client. Dengan demikian maka semua proses dan informasi teknis bisa dengan mudah dilihat pada data client sehingga memudahkan efisiensi pelayanan dan pemecahan masalah.

KOMISI SALES

Bagian sales adalah ujung tombak penjualan jadi perhatian yang serius harus diberikan. Dibutuhkan penanganan dan peng-organisasian yang baik untuk dapat memaksimalkan kinerja marketing yang baik dan berkelanjutan. Komisi penjualan untuk sales dari perusahaan tentu menjadi hal yang mutlak sehingga informasi ini harus bisa diproses dan didapat dengan cepat dan tepat sehingga tidak menghambat kinerja para sales atau marketing. Perhitungan komisi sales berdasarkan target dan skema komisi dapat dengan mudah didapatkan, begitu pula dengan perubahan perhitungan komisi dan pemindahan sales pada client.

INVOICE SALES

System NET-ERP dapat membuat invoice sales secara otomatis setiap awal bulan sehingga menghemat waktu departemen keuangan dan penagihan. Beberapa Sales Order bisa digabung menjadi satu invoice sales. Hal ini untuk memudahkan grup perusahaan yang memiliki beberapa perusahaan yang menjadi client dan ingin tagihan internetnya digabung menjadi satu dan ditagihkan ke satu perusahaan.

FAKTUR PAJAK

Terdapat fitur penambahan nomor faktur pajak ke dalam system. Setiap perusahaan diberikan nomor faktur pajak unik dari kantor pajak yang bentuknya berupa nomor seri yang berurut. Sistem NET-ERP bisa secara otomatis mengunakan nomor faktur pajak ini untuk digunakan pada invoice sales sehingga mempercepat proses pembuatan invoice.

RADIUS (Suspend dan Restore)

System NET-ERP dapat terintegrasi atau berkomunikasi dengan server atau system Radius untuk melakukan proses suspend pada client bila ada tunggakan pada tagihan yang telah jatuh tempo. Begitu pula system dapat melakukan restore terhadap koneksi client bila tagihan tertunggak sudah dibayarkan.

TICKETING

Terdapat system ticketing untuk memaksimalkan pelayanan kepada client dimana semua keluhan terhadap kualitas dan masalah koneksi tercatat pada system sehingga bisa segera dilakukan upaya pemecahan masalah. Sistem ticketing dapat dipantau melalui notifikasi email ke beberapa level user sehingga memudahkan pengawasan terhadap kinerja teknisi dan bagian terkait.

ACCOUNTING

Melacak dan mengidentifikasi aliran uang masuk dan keluar pada perusahaan dengan jumlah transaksi yang banyak adalah sebuah mimpi buruk bila harus dilakukan secara manual. Dengan adanya fitur uang muka dan client deposit maka akan memudahkan bagian keuangan untuk melacak keluar masuknya uang pada perusahaan. Begitu pula halnya dengan penanganan dan pelacakan asset pada perusahaan jika dilakukan secara manual akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Dengan adanya modul fixed asset yang terintegrasi pada system NET-ERP akan memecahkan masalah di atas, semua asset perusahaan bisa diketahui dengan cepat dan mudah baik lokasi fisiknya maupun nilai penyusutannya. Sistem akuntansi pada NET-ERP menganut metode closing dan unclosing (open) pada setiap jurnal sehingga bisa dengan mudah melakukan koreksi bila terdapat kesalahan jurnal akuntansi pada periode akuntansi yang sudah di-close.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *